Baksos Binter PUSTERAD TA. 2020 bersama Forkopimko Jakarta Timur digelar di Setu Cipayung.

image

progresifjaya.com, JAKARTA - Dalam upaya meringankan beban ekonomi masyarakat, Pusat Teritorial TNI AD (Pusterad) bersama Forum Komunikasi Pimpinan Kota (Forkompimko) Jakarta Timur melaksanakan kegiatan Bakti Sosial (Baksos) Binter TA.2020 di Danau Setu, Cipayung, Jalan Setu Cipayung No.6 RT.009/RW.05, Kelurahan Setu, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur, Selasa (28/7/2020).

Baksos Binter Pusterad dihadiri Danpusterad, Letjen TNI Yoppye Onesimus Wayangkau, Wadan Pusterad, Mayjen TNI Bambang Ismawan, Danrem 051 /Wkt, Brigjen TNI R. Sidharta Wisnu Graha, S.E, Dandim 0505/JT, Kolonel  Kav Rahyanto Edy Yunianto, Wali Kota Adm Jaktim, M. Anwar S.Si, MAP,  Kabag Ops Polrestro Jaktim, AKBP Arief mewakili Kapolres Metro Jaktim, dan  Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, H. Misan Samsuri.

Adapun rangkaian kegiatan sebelum digelarnya Baksos Binter diawali dengan olah raga bersepeda santai Gowes dari kantor Camat Cipayung menuju Danau Setu Cipayung dengan Rute Jl. Bina Marga - Gempol - Jl.Raya Bambu Apus - Melintas Jembatan Bambu Apus - Jl.H.Karim - Jl. Raya Setu dan Finish di Danau Setu Cipayung.

Rombongan sepeda santai tiba di  Danau Setu dan disambut dengan acara tradisi betawi yakni Palang Pintu oleh Sanggar Ondel-Ondel Mpok Minah dilanjutkan dengan pengguntingan pita peresmian Jogging Track oleh Danpusterad dan Wali Kota Jakarta timur sekaligus pengecekan lokasi Jogging Track sepanjang 150 m di lokasi Danau Setu, Cipayung. 

Penanaman pohon oleh Danpusterad dan jajaran Forkopimko Wali Kota Adm Jakarta Timur dan penaburan bibit ikan di danau Setu menggunakan Ponton Kubus Apung Bermesin Jhonson oleh Danpusterad dan Forkopimko Wali Kota Jakarta Timur dengan jumlah 130.000 bibit ikan. 

Dalam sambutannya, Danpusterad menjelaskan, bahwa Pusat Teritorial Angkatan Darat (Pusterad) sejak bulan April 2020 ada perubahan dalam organisasi yang tadinya Komandan Pusterad berpangkat Mayor Jenderal (Mayjen) menjadi dijabat dengan pangkat Letnan Jenderal (Letjen).

"Termasuk beban tugas yang diberikan kepada Pusterad, khususnya yang tadinya sebagai Staf khusus Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) bidang Teritorial diberikan tugas sebagai pembina mewakili Kasad sebagai pembina teritorial untuk lingkup TNI Angkatan Darat seluruh Indonesia," kata Letjen TNI Joppye Onesimus Wayangkau.

Adapun bantuan Pembinaan Teritorial (Binter) yang diberikan Pusterad diantaranya  pemberian tenda kepada UMKM binaan Pusterad yang berada di sekitar Kelurahan Setu, merehab 2 rumah tidak layak huni di RW 02 Bantarjati dan di Jalan Puskesmas RW 3 Kelurahan Setu, merehab rumah ibadah di Kelurahan Jatimurni yang akan dilaksanakan pada awal bulan Agustus.

"Kemudian yang kedua kegiatan karya bhakti dan bakti sosial seperti ini akan terus diselenggarakan oleh Pusterad sebagai wujud kegiatan pembinaan teritorial yaitu untuk membantu dan mengatasi kesulitan masyarakat yang ada di sekitar kita," kata Danpusterad.

Letjen TNI Joppye Onesimus Wayangkau mengharapkan, kerjasama seperti ini dapat dipertahankan dan dirinya berpesan kepada Camat dan pengurus RT/RW untuk merawat dengan baik supaya bisa bermanfaat bagi masyarakat sekelilingnya dalam jangka waktu yang panjang.

"Tentu, juga ini harus timbul dari kesadaran masyarakat untuk bersama-sama  menjaga dan merawat. Tahun pertama memang bagus setelah berjalan satu tahun, sepertinya tidak ada yang bertanggung jawab lalu terus terbengkalai," kata Danpusterad.

Letjen TNI Joppye Onesimus Wayangkau berharap, mudah-mudahan ini bisa memberi manfaat yang besar bagi masyarakat sekitarnya. 

Rangkaian kegiatan Baksos Binter Pusterad diantaranya berolah raga sepeda santai, penanaman pohon di lokasi Danau Setu, penaburan bibit ikan, pembagian paket sembako, penyerahan bantuan kios tenda, dan penyerahan kunci rumah yang selesai di rehab.

Sumber: Pendim Jaktim

Editor: Ebenezer

Tue, 28 Jul 2020 @13:49


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Copyright © 2020 PROGRESIF JAYA · All Rights Reserved
powered by sitekno