Meriah dan Khidmat, Warnai Upacara Tepuk Tepung Tawar Danrem 031/WB Brigjen TNI M. Syech Ismed, S.E, M.Han

image

progresifjaya.com, PEKANBARU - Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) menyelenggarakan Upacara Adat Tepuk Tepung Tawar putra terbaik Riau Brigjen TNI M. Syech Ismed, S.E, M.Han yang menjabat sebagai Komandan Resor Militer (Danrem) 031/Wira Bima yang digelar di Balai Adat Lembaga Adat Melayu Riau Jalan Diponegoro, Pekanbaru, Selasa (16/6/2020).

Upacara adat yang sakral tersebut, digelar dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dan juga menggunakan fasilitas virtual, sehingga dapat saksikan berbagai kalangan terutama oleh Kodim jajaran Korem 031/WB dan LAMR Kabupaten/ Kota se Riau serta masyarakat lainnya tanpa harus datang langsung ke tempat Upacara. 

Upacara dimulai dengan penjemputan Brigjen M Syech Ismed, S.E, M.Han dan isteri di rumah dinas Danrem 031/WB. Sesampainya di tempat Upacara langsung disambut silat dan diiringi kompang. Menggunakan baju Melayu bewarna hijau lengkap, lalu masuk ke dalam ruangan, disambut berdah, kemudian ditempatkan secara khusus di panggung. 

Suasana ruangan utama Balai Adat Melayu Riau itu menjadi semarak dengan iringan alunan kompang. 

Hadirin berpakaian Melayu warna-warni memenuhi semua ruangan. Para petinggi adat berhimpun di posisi tengah berbaju Melayu warna hitam. Brigjen TNI M.Syech Ismed, S.E, M.Han beserta isteri mengenakan baju Melayu berwarna hijau duduk di kursi kehormatan.

Begitulah suasana Majelis Tepuk Tepung Tawar bagi Brigjen TNI Syech Ismed yang digelar Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) sehubungan dipercayakannya anak jati Melayu Riau itu sebagai orang nomor satu di Korem 031/ Wira Bima berlangsung.

Ketua DPH LAM Riau, Datuk Seri Syahril Abubakar dalam sambutannya mengemukakan,  acara tepuk tepung tawar ini merupakan ungkapan rasa syukur dan bangga atas terpilihnya putra Melayu Riau, Brigjen TNI M.Syech Ismed, S.E, M.Han menjadi Danrem 031/WB. 

"Upacara ini sudah biasa kita berikan kepada pejabat yang menjabat di Riau. Khususnya bagi putra Riau, anak serta tokoh yang telah menduduki jabatan strategis yang secara kehormatan telah membawa nama baik daerah yang juga menjadi kebanggaan bagi daerah Riau," katanya.

Selain itu, kata Ketua DPH LAM Riau, bahwa Brigjen TNI M. Syech Ismed, S.E,M.Han merupakan putra ke dua Riau yang menjabat Danrem 031/WB berpangkat Brigjen setelah Brigjen TNI (Purn) Edy Natar Nasution yang saat ini menjabat sebagai Wakil Gubernur Provinsi Riau. Untuk itu Kita sebagai masyarakat dan juga pemangku adat Melayu Riau mendoakan semoga Beliau selalu diberikan kesehatan, amanah, dan kesuksesan dalam berkarir yang lebih baik lagi kedepan.

Tepuk tepung tawarpun dilakukan secara bergiliran. Mulai dari Ketua MKA LAM Riau, Datuk Sri Al azhar, Ketua DPH LAM Riau, Datuk Sri Syahril Abubakar, Wakil Gubernur Riau Datuk Seri Timbalan Setia Amanah Brigjen TNI (Purn) Edy Natar Nasution, Tengku Besar Kerajaan Pelalawan Sultan H. Tengku Kammaruddin Haroen, Datuk Brigjen TNI (Purn) H. Saleh Djasit dan Datuk Seri OK Nizami Jamil serta Datuk Dr.Ali Noer, MA. 

Sementara Ketua MKA LAM Riau, Datuk Seri Al Azhar mengatakan, dalam sambutannya, terpilihnya Brigjen TNI Syech Ismed, S.E, M.Han sebagai Danrem 031/WB menjadi kebanggaan semua masyarakat Riau khususnya masyarakat Melayu. Upacara tepuk tepung tawar ini juga memiliki makna sebagai dukungan dan doa bagi Brigjen TNI M Syech Ismed, S.E, M.Han agar diberi kemudahan dan kelancaran serta keberhasilan selama melaksanakan tugas sebagai Danrem 031/Wira Bima.

“Upacara ini bukan merupakan milik dari LAM Riau, tapi juga menjadi harapan masyarakat Riau yang mendoakan agar Brigjen TNI M Syech Ismed, S.E M.Han mampu menjadi pemimpin yang membanggakan masyarakat dan daerah kedepan," ujarnya.

Usai ditepuk tepung tawar, Danrem 031/WB  menyampaikan sambutannya dengan rasa bangga dan penuh kebahagiaan. 

"Sungguh merupakan kebahagiaan bagi kami dapat bertatap muka langsung dengan orang tua kami para tokoh adat Melayu. Saya mengucapkan terima kasih atas Upacara Adat Majelis Tepuk Tepung Tawar yang telah diberikan kepada saya dan isteri sehingga sudah sah menjadi keluarga besar Melayu," kata Danrem dalam sambutannya. 

"Ini merupakan suatu  kehormatan dan kebangaan bagi Saya sebagai putra asli Riau. Menjadi keluarga besar Melayu merupakan amanah bagi saya dan akan saya junjung tinggi-tinggi dalam menjalankan tugas memimpin Korem 031/WB dan  melestarikan Adat Melayu lebih baik lagi," tambahnya. 

Lebih lanjut Brigjen TNI M Syech Ismed yang dilahirkan di Pekanbaru pada 21 Maret 1970 yang lalu ini menyampaikan, rasa  syukur kepada Allah SWT dan bangga  atas amanah serta kepercayaan yang diberikan  sebagai Danrem 031/ Wira Bima di bumi Melayu Lancang kuning.

"Saya menyambut baik tepuk tapung tawar ini karena merupakan wujud positif dalam memelihara dan melestarikan budaya Melayu.Sejatinya pemberian tepuk tepung tawar ini merupakan doa, bukan hanya untuk diri saya pribadi melainkan juga untuk seluruh masyarakat Riau.Mari  mantapkan dan kokohkan tekad dan semangat juang untuk terus membangun mengantarkan Provinsi Riau semakin maju, sejahtera, aman, dan berkepribadian Pancasila," tutur Danrem. 

Sebelum mengakhiri sambutannya, Danrem 031/WB juga memohon bimbingan, petunjuk dan doa restu para tokoh adat selaku orang tua, dan berharap semoga selalu diberikan kelancaran dalam menjalankan tugas sebagai Danrem 031/WB.

Dalam sambutannya, Sari Timbalan Setia Amanah Brigjen TNI (Purn) Edy Natar Nasution yang juga Wagub Provinsi Riau mengatakan, bahwa Tepuk Tepung Tawar ini merupakan budaya masyarakat yang sudah menjadi acara adat yang terhormat dan bukan acara biasa. Ini merupakan ungkapan doa dan wujud rasa syukur kepada Allah SWT atas yang telah diraih oleh seorang putra terbaik Melayu Brigjen TNI M Syech Ismed, S.E, M.Han sebagai Danrem 031/WB. 

"Mari kita doakan dan dukung putra terbaik Riau Brigjen TNI M Syech Ismed, S.E, M.Han yang menjabat Danrem 031/WB agar dapat melaksanakan tugas dengan baik dan sukses," kata Wagub, Brigjen TNI (Purn) Edy Natar Nasution dalam sambutannya.

Selain kepada Danrem 031/WB Brigjen M. Syech Ismed, S.E, M.Han Tepuk Tepung Tawar juga dilakukan terhadap isterinya, Puan Fitri Rubianti, hal ini dilakukan karena peranan isteri sangat penting dan besar pengaruhnya dalam karir suaminya.

Sumber: Penrem 031

Editor: Ebenezer

Thu, 18 Jun 2020 @19:21


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Copyright © 2020 PROGRESIF JAYA · All Rights Reserved
powered by sitekno