Jajaran Kodim 0429/Lamtim Akan Persiapkan Operasi Disiplin Protkes Zona Hijau

image

progresifjaya.com, LAMPUNG TIMUR - Jajaran Komando Distrik Militer 0429/Lamtim mendapatkan arahan dari Asops Kasdam II/Sriwijaya terkait kegiatan Operasi Pendisplinan Protokol Kesehatan pada Zona Hijau di Kabupaten Lampung Timur, Provinsi Lampung.

Pengarahan tersebut melalui video conference (vicon) yang pimpin langsung oleh Komandan Kodim 0429/Lamtim Letkol Kav. Muhammad Darwis didampingi Pasiop Lettu M. Syadri beserta pejabat perwira staf lainnya di ruang Viron Makodim 0429/Lamtim Jl. Soekarno-Hatta, Desa Mataram Marga, Kecamatan Sukadana, Lampung Timur, tadi malam.

Asisten Operasi (Asop) Kolonel Inf Maychel Asmi, P.S.C., S.E. dalam arahanya mengatakan, Kodam II/Sriwijaya beserta perkuatanya melaksanakan tugas penegakan disiplin aturan protokol kesehatan di ruang-ruang publik sejak Tanggal 1-7 Juni 2020 di wilayah Kodam II/Sriwijaya guna mendukung kebijakan pemerintah dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19.

"Beberapa strategi pelaksanaan masyarakat produktif dan aman Covid-19 sesuai arahan Presiden Jokowi diantaranya, pengendalian Covid-19 harus berbasis data dan fakta di lapangan. dari analisis dan pemetaan pakar bahwa pemerintah melakukan kategori sesuai dengan tingkat resiko di tiap daerah yang terbagi empat (4) zona yakni, Zona hijau (belum berdampak), zona kuning (tingkat resiko rendah), zona oranye (tingkat resiko sedang) dan zona merah (tingkat resiko tinggi)," katanya.

"Selanjutnya, Gugus tugas pusat bersama Pemerintah Provinsi (Gugus Tugas Provinsi) akan memberikan informasi, pendampingan dan evaluasi serta arahan sesuai dengan perkembangan keadaan," ujar Asop.

Masih menurut Asop, untuk zona hijau di wilayah Kodam II/Sriwijaya ada sebanyak 9 Kabupaten dari 5 Provinsi yakni, Kabupaten Rejang Lebong (Korem 041/Gamas), Kabupaten Kerinci (Korem 042/Gapu), Kabupaten Mesuji dan Lampung Timur (Korem 043/Gatam), Kabupaten Oku Selatan, Pali, Empat Lawang, Pagar Alam (Korem 044/Gapu) serta Kabupaten Belitung Timur (Korem 045/Gaya), dengan total Personil TNI yang dikerahkan di Zona hijau sebanyak 377 Orang.

Diakhir arahanya, Asop menyampaikan beberpa penekanan diantaranya, agar setiap situasi yang terjadi di wilayah segera dianalisa dan ditindaklanjuti dengan strategi penanganan yang benar dan dikoordinasikan dengan stake holder yang ada di wilayah masing-masing.

"Wujudkan tatanan kehidupan masyatakat yang normal dan produktif namun tetap aman dari Covid-19, personil yang terlibat agar dihimbau untuk melaksanakan teknis kegiatan dengan cara persuasif, humanis dan edukatif serta Kampanyekan pelaksanaan protokol kesehatan di wilayah masing-masing secara santun dan kreatif agar masyarakat patuh dan tumbuh kesadaran untuk mematuhi protkes," pungkas Kolonel Inf Maychel Asmi, P.S.C.S.E.

Menindaklanjuti arahan Vicon tersebut Dandim 0429/Lamtim Letkol Kav.Muhammad Darwis berjanji dengan segera akan mempersiapkan pelaksanaan Ops Pendisiplinan Protkes pada Zona Hijau.

"Kami segera rencanakan dan mengkonsep serta akan berkoordinasi dengan stake holder yang ada agar tugas operasi pendisiplinan protkes berjalan sesuai dengan harapan dan berhasil, karena sesuai arahan Asop Kasdam II/Sriwijaya bahwa di Lampung Timur ada 20 Titik dengan pengerahan kekuatan TNI sebanyak 56 Orang," terang Lekol Kav. Muhammad Darwis.

Penulis : Tarmuji/Ansori

Editor : Ansori

Thu, 4 Jun 2020 @09:12


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Copyright © 2020 PROGRESIF JAYA · All Rights Reserved
powered by sitekno