100 Petugas Gabungan Awasi Pedagang di Kawasan Jatinegara

image

progresifjaya.com, JAKARTA - Sebanyak 100 petugas gabungan menggelar apel bersama di halaman parkir Taman Benyamin Sueb atau gedung eks Markas Komando Distrik Militer 0505/Jakarta Timur di Jatinegara, Jakarta Timur, Sabtu (23/5/2020).

Kegiatan ini dilakukan dalam rangka melakukan pengawasan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di penghujung bulan Ramadan 1441 H.

Camat Jatinegara, Endang Sofyan, menuturkan, apel dilakukan karena terkait dilakukannya pengawasan PSBB di wilayah Jatinegara di penghujung bulan Ramadan.

Dalam pengawasan tersebut, petugas gabungan akan mendatangi sejumlah lokasi yang ditengarai banyak aktivitas perdagangan dan menimbulkan kerumunan massa dengan jumlah banyak, sehingga hal ini dikhawatirkan memicu penyebaran COVID-19.

"Jelang malam takbir nanti, ada kecenderungan timbul pasar tumpah maupun kelompok pedagang dadakan. Ini perlu pengawasan dan dilakukan penindakan berupa sankai PSBB. Namun, dalam mengambil tindakan tetap kedepankan nilai humanisnya," papar Endang.

Sementara, Wakil Camat Jatinegara, Endang Kartika Wahyuningsih, menjabarkan, 100 petugas gabungan yang mengikuti apel terdiri atas unsur tiga pilar, yakni para lurah, sekretaris kelurahan, kepala seksi di kelurahan/kecamatan.

Kemudian Satpol PP, Sudin Perhubungan, Sudin Kesehatan dan didukung unsur TNI/Polri. Bahkan PPSU (Penanganan Prasarana dan Sarana Umum) dan FKDM (Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat) turut dilibatkan dalam apel bersama ini.

PPSU sengaja dilibatkan karena untuk pengarahan penanganan sampah saat malam takbir maupun saat Hari Raya Idulfitri besok dan lusa.

"Selain untuk pengawasan PSBB, ini sekaligus pengarahan pada PPSU agar tetap bertugas menjaga kebersiihan lingkungan dan kantor kelurahan saat libur Lebaran Idul Fitri," kata Endang.

Adapun lokasi rawan pedagang dadakan muncul saat malam takbir adalah di sepanjang Jl. Matraman Raya hingga Jl. Bekasi Barat Raya. Tepatnya mulai dari kawasan Jembatan Gunung Antang hingga kolong jembatan Jatinegara atau Taman Viaduct Jatinegara.

Penulis : Roby

Editor : Hendy

Sun, 24 May 2020 @10:13


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Copyright © 2020 PROGRESIF JAYA · All Rights Reserved
powered by sitekno