Wali Kota Jakarta Timur : Salat Idul Fitri di Rumah Saja

image

progresifjaya.com, JAKARTA - Jelang perayaan Hari Raya Idulfitri 1441 H/2020 M, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi DKI Jakarta dan Pimpinan Wilayah Dewan Masjid Indonesia (DMI) Provinsi DKI Jakarta mengeluarkan seruan bersama dengan nomor C-088/DP-PXI/V/2020 dan nomor 2.475/SB/DMI-DKI/V/2020 tentang pelaksanaan salat Idulfitri 1441 H/2020 M.

Adapun isi seruan tersebut, bahwa dalam upaya untuk mencegah, mengurangi, dan melindungi masyarakat dari resiko penularan Covid-19 ini. Maka dengan ini diserukan kepada seluruh umat Islam dan pengurus masjid/musala se-DKI Jakarta untuk tetap beribadah Idulfitri dengan menghindari berkumpulnya massa dalam jumlah besar.

Menanggapi surat edaran dari MUI dan DMI Provinsi DKI Jakarta, Wali Kota Administrasi Jakarta Timur, M. Anwar, mengatakan, agar warga mematuhi seruan terebut.

"Kita bukan melarang salatnya tetapi agar melaksanakan salat Idulfitri di rumah saja, yang dilarang berkumpulnya masa dalam jumlah besar," ujar Anwar, Rabu (20/5/2020).

Adapun ketentuan untuk menyambut Idulfitri, diimbau untuk melakukan takbiran di masjid/musala dengan pengeras suara dan tidak melaksanakan takbir keliling, salat Idulfitri yang lazimnya dilaksanakan berjamaah di masjid atau lapangan agar dilakukan bersama keluarga di rumah.

Ia juga menyampaikan, kebiasaan bersilahturahmi dengan berkumpul-kumpul, cukup dilakukan dengan mengirim pesan singkat saja untuk sementara ini.

"Hal tersebut untuk menjami kesehatan bersama, karena kita tidak tahu yang postif siapa, yang ODP (Orang Dalam Pengawasan) dan PDP (Pasien Dalam Pemantauan) siapa, tiba-tiba saat berinteraksi dengan mereka menjadi penularan lebih besar lagi," ujarnya.

Anwar menambahkan, pihaknya akan berkoordinasj dengan Kapolres (Kepala Kepolisian Resor) Metro Jakarta Timur, Dandim (Komandan Distrik Militer) Jakarta Timur untuk mengantisipasi wilayah agar tidak ada pelanggaran yang lebih besar lagi dengan adanya takbiran keliling.

Penulis : Roby

Editor : M. Maruf

Thu, 21 May 2020 @23:44


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Copyright © 2020 PROGRESIF JAYA · All Rights Reserved
powered by sitekno