Pandemi Covid -19, Pedagang di Sekolah Dapat Bantuan Paket Sembako dari Pemkab Pandeglang

image


progresifjaya.com, PANDEGLANG – Dalam rangka mengantisipasi dampak sosial ekonomi pada masa pandemi virus corona (Covid-19), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pandeglang memberikan bantuan paket sembako kepada para pedagang yang biasa berjualan di sekitar lingkungan sekolah, Selasa (7/4/2020), di SDN Sindanghayu Kecamatan Saketi.

Wakil Bupati Pandeglang Tanto Warsono Arban, yang pada saat itu secara simbolis memberikan bantuan, mengatakan, seiring makin mewabahnya Covid-19, setiap Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia termasuk Kabupaten Pandeglang memberlakukan kebijakan dengan meliburkan aktivitas belajar mengajar di sekolah, diganti dengan metode belajar di rumah.

"Dengan diterapkannya metode belajar di rumah tersebut membuat seluruh kegiatan perekonomian di lingkungan pendidikan itu terhenti. Dampaknya, banyak para pedagang yang biasa berjualan di lingkungan sekolah tidak bisa lagi berjualan karena di sekolah tidak ada lagi aktivitas. Maka dari itu, Pemkab Pandeglang terus berupaya untuk membantu masyaraka," kata Tanto.

Lebih lanjut Ia mengatakan, berbagai upaya tengah dilakukan pemerintah daerah dalam penanganan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Pandeglang. Termasuk dalam mengantisipasi dampak sosial ekonomi yang ditimbulkannya,

"Pemberian bantuan bagi para pedagang di sekolah ini sebagai upaya mengurangi dampak ekonomi akibat pandemi virus corona (Covid-19)," tuturnya.

Menurut Tanto, untuk mencegah penyebaran covid-19 di Kabupaten Pandeglang, pemerintah daerah tidak melakukan lockdown, dalam arti masyarakat tetap bisa menjalankan aktivitas bekerja seperti biasa.

Dikatakannya, warga yang mau usaha silahkan usaha, yang mau bertani silahkan bertani.

"Tentunya dibatasi dan harus menjaga kesehatan sesuai dengan protokol kesehatan. Dalam hal ini, kita juga memikirkan ekonomi masyarakat, hanya saja jika ada kegiatan yang dianggap tidak penting mendingan di rumah saja, agar terhindar dari virus corona. Pemerintah Kabupaten Pandeglang akan semaksimal mungkin untuk bisa memenuhi kebutuhan masyarakat, salah satunya adalah pemberian bantuan ini," terangnya.

Sementara Camat Saketi, Hasan Bisri yang turut mendampingi mengatakan, bantuan sembako dari Pemkab Pandeglang untuk saat ini di Kecamatan Saketi dalam masa pandemi corona sebanyak 250 paket.

"Sebelumnya sudah disalurkan 73 paket, bantuan paket sembako ini diperuntukan bagi para pedagang di sekolah yang terimbas karena sekolahnya diljburkan. Mereka mendapat bantuan berupa beras  10 kg, telur, gula dan kebutuhan pokok lainya, “katanya.

Ia menambahkan, selain bantuan bagi para pedagang di sekolah, Pemkab Pandeglang juga telah memberikan bantuan bagi tukang ojek sebanyak 175 paket serta Orang Dalam Pengawasan (ODP),

"Untuk saat ini di Kecamatan Saketi ada 75 ODP semua sudah dapat bantuan," pungkasnya.

Penulis : Dede

Editor : Hendy

Tue, 7 Apr 2020 @19:43


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Copyright © 2020 PROGRESIF JAYA · All Rights Reserved
powered by sitekno