Jokowi Berduka Pahlawan Medis Berguguran

image

progresifjaya.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo berbelasungkawa atas gugurnya tenaga medis saat menangani virus korona (covid-19). Para tenaga medis ini menjadi garda terdepan penanganan virus berbahaya itu.

"Saya ingin menyampaikan ucapan duka cita yang mendalam atas berpulangnya dokter, perawat dan tenaga medis," kata Jokowi di Wisma Atlet, Jakarta Pusat, Senin (23/3).

Jokowi mengapresiasi kerja keras mereka. Pemerintah akan memberikan santunan kematian Rp300 juta bagi tenaga medis yang gugur di seluruh daerah yang menyatakan status tanggap darurat korana.

"Atas nama pemerintah, negara, dan rakyat, saya ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas perjuangan dalam mendedikasikan penanganan covid-19," ungkap Kepala Negara.

Jokowi juga menyampaikan, pemerintah memberikan uang tambahan untuk seluruh tenaga medis yang menangani virus korona (covid-19). Dokter bisa mendapatkan insentif hingga Rp15 juta.
"Kita telah rapat dan telah diputuskan telah dihitung oleh Menteri Keuangan (Sri Mulyani) bahwa akan diberikan insentif bulanan kepada tenaga medis," katanya.

Insentif diberikan hingga wabah korona mereda. Kepala Negara memerinci dokter spesialis menerima insentif sebesar Rp15 juta. Dokter umum dan gigi mendapatkan Rp10 juta. Bidan dan perawat mendapatkan uang tambahan Rp7,5 juta per bulan. Tenaga medis lain menerima Rp5 juta per bulan.

Sementara itu, provinsi yang sudah menyatakan darurat korona, yakni DKI Jakarta, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Banten, Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, dan Jawa Barat. Kota yang menyatakan status darurat korona, yakni Depok dan Bogor.

Penulis: Fari. K

Editor: Asep SA

Tue, 24 Mar 2020 @01:23


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Copyright © 2020 PROGRESIF JAYA · All Rights Reserved
powered by sitekno