Pemko Jaksel Akan Terapkan RKBMD Dalam Bentuk Aplikasi

image

progresifjaya.com, JAKARTA - Pemerintah Kota Administrasi (Pemko) Jakarta Selatan berencana akan menerapkan  Sistem Rencana Kebutuhan Barang Milik Daerah (RKBMD) dalam bentuk aplikasi.
Demikian diungkapkan Sekretaris Kota (Seko) Jakarta Selatan, Munjirin dalam kegiatan Sosialisasi Rencana Kebutuhan Barang Milik Daerah (RKBMD) di Lingkungan Kota Administrasi Jakarta Selatan, di Ruang Serbaguna Kantor Wali Kota Administrasi Jakarta Selatan, Selasa (10/3).
Menurutnya, penerapan  dalam bentuk aplikasi dilakukan, lantaran saat ini perencanaan pengadaan barang milik daerah yang dituangkan dalam dokumen RKBMD masih bersifat manual.
Dikatakan Munjirin, Pemda DKI Jakarta sebagai penyelenggara bangunan maupun pelaksanaan pemerintah,  tetap berpegang kepada peraturan dan mekanisme sebagai mana yang telah diatur oleh peraturan.

 Sebagaimana, lanjutnya, tertuang dalam  Permendagri Nomor 19 Tahun 2016 Tentang Pedoman Pengelolahan Barang Milik Daerah.  Bahwa tegasnya, RKBMD merupakan dokumen perencanaan kebutuhan barang milik daerah untuk periode per satu tahun.

Dijelaskannya, banyak hal yang masih perlu ditingkatkan dan perlu diperhatikan  khususnya untuk meluruskan masalah barang.

"Salah satunya,   perbedaan antara anggaran untuk pengadaan yang tertera di APBD dengan harga acuan harga pasar itu biasanya berbeda,” terangnya.

Perbedaan tersebut, tambahnya,  akan berdampak negatif kepada pengadaan aset barang milik daerah saat ini dan masa depan.

Pihaknya, berharap  dengan adanya RKBMD yang saat disosialisasikan harga pasar setiap barang bisa diperbarui secara berkala, dan terwujud perencanaan kebutuhan barang milik daerah yang lebih mengedepankan efisiensi, efektifitas, transparansi data, keterbukaan, bersaing adil, dan akuntabel. 

Penulis/Editor: M. Maruf

Thu, 12 Mar 2020 @11:48


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Copyright © 2020 PROGRESIF JAYA · All Rights Reserved
powered by sitekno