Panglima TNI & Kapolri Tanam 20.000 Mangrove Cegah Abrasi

image

progresifjaya.com, KAB TANGERANG - Panglima TNI Marsekal TNI Dr. (H.C.) Hadi Tjahjanto, S.I.P. bersama Kapolri Jenderal Pol Drs. Idham Azis dan Menteri KKP Edy Prabowo serta Bupati Tangerang melakukan penanaman Mangrove di Kawasan Wisata Bahari Ketapang, Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang, Banten, Jumat (21/2/2020).

Dalam acara yang bertemakan “TNI-Polri Peduli Penghijauan” tersebut, ditanam 20 ribu pohon mangrove di kawasan wisata bahari Ketapang Kabupaten Tangerang Banten, dari total 360 ribu mangrove di seluruh Indonesia, yang bertujuan untuk mendukung program pemerintah dalam penghijauan. Selain itu, juga dilaksanakan pelepasan 1 (satu) juta benih ikan Nila dan Bandeng di kawasan wisata yang sama.

Panglima TNI dalam sambutannya menyampaikan bahwa penanaman bakau dan penebaran benih ikan memiliki nilai yang sangat penting, bagi masyarakat nelayan ataupun yang tinggal di sekitar wilayah Tangerang.

Menurutnya, keberadaan hutan bakau yang baik dan terpeliharanya ekosistem pantai akan mempengaruhi kehidupan masyarakat yang lebih luas. Terkadang tidak disadari pentingnya keberadaan hutan bakau sampai kehilangan garis pantai, sehingga terjadi banjir saat air pasang, bahkan ada perkampungan yang hilang ataupun menghilangnya ikan-ikan yang tadinya mudah sekali ditemukan ataupun ditangkap.

Sementara Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis mengatakan, kegiatan penanaman Mangrove dan penyebaran benih ikan yang berlangsung saat ini, secara berkala sudah dilakukan Polri, TNI, Kementerian KKP, dan BNPB, pemda dan masyarakat," ucapnya.

Menurutnya, semua intansi pemerintah beserta masyarakat harus bisa menjaga ekosistem linkungan, agar kedepannya tetap terjaga dengan baik, dan bisa menjadi turun temurun untuk terus merawat serta menata penghijauan di pesisir pantai.

“Bila kita cermati sesungguhnya penanaman mangrove dan tebar benih ikan, miliki nilai yang sangat penting terkait masyarakat sekitar. Keberadaan hutan mangrove yang baik serta terpelihara ekosistemnya, akan terjaga lingkungan pantai," pungkasnya.

Penulis: Andry Ibnu

Editor: Hendy

Sat, 22 Feb 2020 @12:35


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Copyright © 2020 PROGRESIF JAYA · All Rights Reserved
powered by sitekno