Musrenbang Kecamatan Sawah Besar Prioritaskan Pembangunan 2 Puskesmas

image

progresifjaya.com, JAKARTA - Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan merupakan satu tahapan dari proses Musrenbang Provinsi DKI Jakarta yang dilaksanakan untuk penajaman penyeralasan klarifikasi dan kesepakatan terhadap usulan rencana kegiatan pembangunan di wilayah.

Pembangunan Puskesmas di dua Kelurahan pada Kecamatan Sawah Besar menjadi usulan pembangunan prioritas di tahun anggaran 2021 mendatang. Usulan prioritas ini disampaikan pada Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Sawah Besar, Kamis (13/2).

Asisten Administrasi Kesejahteraan Rakyat (Asminkesra) Kota Jakarta Pusat, M. Fahmi, SE., menuturkan, musrenbang kali ini terdapat 6 usulan prioritas dari 239 usulan. Salah satunya pembangunan Puskesmas di Kelurahan Karang Anyar dan Kelurahan Gunung Sahari Utara.

“Pembangunan ini dilakukan lantaran Kelurahan Karang Anyar belum memiliki Puskesmas Kelurahan. Sedangkan Puskesmas di Kelurahan Gunung Sahari Utara hingga saat ini masih mengontrak,” katanya.

Lahan pembangunan Puskesmas sudah ada, katanya, namun harus dibeli dulu. “Makanya, kita saling koordinasi dengan Dinas Kesehatan untuk segera membangun Puskesmas di dua Kelurahan ini," terang Fahmi. 

Ditempat yang sama, Camat Sawah Besar, Prasetio mengatakan dari 239 usulan yang tengah dibahas ini terdiri dari 47 usulan Kelurahan Mangga Dua Selatan, 55 usulan dari Kelurahan Gunung Sahari Utara, 29 usulan dari Kelurahan Pasar Baru, 67 usulan dari Kelurahan Karang Anyar serta 41 usulan dari Kelurahan Kartini.

"Jumlah 239 usulan, ada 6 usulan prioritas dengan total anggaran sekitar Rp 98,1 miliar. Salah satunya pembangunan dua Puskesmas di dua Kelurahan yakni Karang Anyar dan Gunung Sahari Utara," tutupnya.

Perlu diketahui usulan-usulan prioritas yang akan dilaksanakan pada tahun 2021 mendatang diantaranya melanjutkan pelaksanaan penataan kawasan pertokoan Pasar Baru, pembangunan lanjutan jalur hijau sepanjang Jalan Rajawali Selatan, pembangunan kawasan pompa terpadu di Pangeran Jayakarta.

Kemudian pembangunan rumah pompa Kali Ciliwung di Jalan Pasar Baru Timur tepatnya di ujung Jalan Kelinci Raya atau Jalan Sentul, serta pembangunan lanjutan shetpile sepanjang Kali Ciliwung atau tepatnya terletak di Jalan Pasar Baru Timur hingga Jalan Pasar Baru Selatan.

Di Musrenbang Kecamatan Sawah Besar, sebanyak 120 peserta hadir yakni Kepala Irbanko H. Dasuki, Subanpenko Tulus, anggota DPRD DKI Jakarta Idris Ismail, Herlina, Ketua Dewan Kota Jakarta Pusat Dede Sulaiman dan para Lurah serta SKPD/UKPD, Ketua RW-RT, LMK, FKDM, Karang Taruna, PKK, Jumantik dan unsur masyarakat.

Penulis: Fari. K

Editor: Hendy

Fri, 14 Feb 2020 @07:58


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Copyright © 2020 PROGRESIF JAYA · All Rights Reserved
powered by sitekno