Wali Kota Jakpus Sebut Penataan Wilayah Dimulai dari Perbaikan Lingkungan & Pendidikan

image

progresifjaya.com  JAKARTA - Sebanyak 130 peserta menghadiri Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) 2021 tingkat Kecamatan Johar Baru menghasilkan 256  usulan senilai total 77 miliar rupiah ini dibuka oleh Walikota Jakarta Pusat Bayu Meghantara di Aula Kantor Kecamatan Johar Baru, Rabu (12/2). Kecamatan Johar Baru dengan luas 238,16 Ha, memiliki 40 RW dan 557 RT merupakan wilayah yang jumlah penduduknya sangat padat.

Seperti kelurahan mengajukan jumlah usulannya yakni, Kelurahan Tanah Tinggi dengan 43 usulan, Kelurahan Tanah Tinggi  128 usulan, Kelurahan Johar Baru 60 usulan, Kelurahan Kampung Rawa 36 usulan dan Kelurahan Galur 34 usulan.

Musrenbang adalah Forum masyarakat antar pemangku kepentingan dalam rangka menyusun rencana pembangunan daerah. Salah satu bentuk perencanaan partisipatif yang melibatkan masyarakat untuk mengidentifikasi masalah dan kebutuhan serta menyepakati usulan solusi kegiatan dengan memperhatikan skala prioritas. Sehingga, menghasilkan kesepakatan untuk penajaman penyelarasan klarifikasi dan penyempurnaan terhadap rancangan RKPD untuk kepentingan pembangunan tahun 2021

Walikota Jakarta Pusat Bayu Meghantara mengapresiasi dari 256 usulan didominasi usulan fisik dan usulan Musrenbang Johar Baru seluruhnya diteruskan. Bayu menegaskan, dalam penataan wilayah menjadi lebih baik, haruslah dimulai dari perbaikan lingkungan dan pendidikan.

"Seperti penataan lingkungan di Sudin Perumahan dalam program Community Action Plan (CAP) dan Colaborasi Implementasi Program (CIP). Jika nanti penataan sudah dilakukan, warga kami minta memanfaatkan fasilitas yang telah dibangun," papar Bayu Meghantara saat diwawancarai di kantor Kecamatan Johar Baru, Jakarta Pusat.

Camat Johar Baru  Nurhelmi Savitri mengatakan, Musrenbang Kecamatan Johar Baru ini merupakan satu tahapan dari proses Musrenbang Provinsi DKI Jakarta yang dilaksanakan untuk penajaman peyelarasan klarifikasi dan kesepakatan rencana terhadap usulan rencana kegiatan pembangunan di Kecamatan.

Ia menuturkan, usulan Musrembang yang diteruskan sebanyak 258 dari jumlah sebelumnya 307 usulan. Dalam musrenbang ini tidak ada usulan yang ditolak, baik usulan dari kelurahan Johar Baru sebanyak 60 usulan, Kampung Rawa 36 usulan, Galur 34 dan paling tertinggi Kelurahan Tanah Tinggi 128 usulan.

"Jumlah yang sebelumnya 307 usulan, yang menjadi 258 yang diteruskan pada tahun 2021. Nah sisanya itu 49 usulan sudah teranggarkan pada tahun 2020 dengan anggaran Rp 4.037.910.731 miliar. Semoga usulan ini dapat berguna dan bermanfaat untuk warga," pungkasnya.

Penulis: Fari. K

Editor: Hendy

Fri, 14 Feb 2020 @07:53


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Copyright © 2020 PROGRESIF JAYA · All Rights Reserved
powered by sitekno