Kajari Berharap Pilkada Indramayu Lancar, Bawaslu Koordinasi Gakkumdu

image

progresifjaya.com, INDRAMAYU - Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Indramayu mengunjungi Kejaksaan Negeri Indramayu (Kejari) untuk berkoordinasi dalam pembentukan sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) dalam pilkada Bupati dan Wakil Bupati Indramayu, Rabu (12/02/2020).

Nurhadi, Ketua bawaslu Indramayu menjelaskan bahwa sentra Gakkumdu Pilkada 2020 berpedoman pada peraturan bersama Bawaslu, Kapolri, & Kajagung No. 14 Tahun 2016, No. 01 Tahun 2016, No. 013/JA/11/2016 tentang Sentra Gakkumdu pada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota.

"Berdasarkan peraturan bersama tersebut, kami meminta personalia anggota Sentra Gakkumdu dari unsur Kejaksaan 6 orang dan unsur penyidik 9 orang," jelasnya.

Selain itu, Nurhadi juga menyampaikan putusan MK No 48/PUU-XVII/2019 yang pokoknya mengenai frasa "Panwas Kabupaten/Kota" pada UU 1 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.

Ia kembali menambahkan bahwa kedatangannya ke Kejari Indramayu juga untuk menyampaikan perbedaan proses penanganan pelanggaran tindak pidana pilkada dengan pemilu.

"Terutama terkait waktu penanganannya, kalau pemilu memakai hari kerja, sedangkan pilkada memakai hari kalender," imbuhnya.

Sementara itu, Douglas Pamino, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Indramayu melalui Kasi Pidana Umum (Pidum) Lutvi berharap agar pilkada berjalan dengan lancer. "Semoga pilkada Indramayu 2020 berjalan sesuai tahapan dan berlangsung aman dan damai," harapnya.

Penulis: Eka

Editor: Hendy

Thu, 13 Feb 2020 @15:22


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Copyright © 2020 PROGRESIF JAYA · All Rights Reserved
powered by sitekno