KPU & Bawaslu Monitoring Sekretariat Relawan Toto

image

progresifjaya.com, INDRAMAYU - Jajaran Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Indramayu mengunjungi Sekretariat Relawan bakal calon Bupati Indramayu Toto, Kamis (23/1/2020).

Fahmi Labib, Komisioner Divisi Teknis Penyelenggara KPU Indramayu menjelaskan, kunjungannya ke sekretariat relawan Toto adalah untuk melakukan monitoring terkait pemenuhan syarat dukungan calon perseorangan.

"Kami melihat progres dari pada input data ke sistem informasi pencalonan (SILON) untuk calon perseorangan. Jadi, tadi kita cek ternyata sudah lebih dari 59.000 syarat dukungan yang sudah masuk ke silon, sementara minimalnya mereka harus mendapat 6,5% dari jumlah daftar pemilih tetap sebelumnya yaitu 87.959 dukungan yang tersebar paling sedikit di 16 kecamatan se-Indramayu," kata Fahmi Labib.

"Dan tim relawan bakal calon Toto juga mengklaim bahwa untuk manualnya sudah terkumpul sekita 110.000 dukungan," ujarnya.

Ia berharap sebelum waktu penyerahan tim relawan bakal calon perseorangan Toto sudah selesai melakukan input syarat pemenuhan dukungan ke silon.

"Karena kita juga dengan Bawaslu akan terus memantau pergerakan progres masuknya data ke silon," tambahnya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Indramayu Nurhadi menyatakan, bahwa pihaknya melakukan pendampingan supervisi KPU sebagai persiapan bakal calon perseorangan dalam menyerahkan daftar dukungan yang akan dibuka mulai tanggal 19 Februari nanti.

"Selain itu, kami juga menyampaikan upaya-upaya pencegahan kepada bakal calon perseorangan untuk mengantisipasi daftar dukungan dari kalangan ASN, pegawai BUMN dan BUMD, kepala desa serta perangkat desa agar ketika ada daftar dukungan dari kalangan tersebut untuk dikoreksi supaya tidak ada konsekuensi hukum ke depan bagi para pendukung tersebut," terangnya.

Di samping itu, Sudrajat, Ketua Tim Relawan Toto sangat mengapresiasi kunjungan dari KPU dan Bawaslu serta merasa optimis dapat memenuhi syarat dukungan hingga batas yang ditentukan yaitu tanggal 23 Februari mendatang.

"Saya mengapresiasi sekali kunjungan KPU dan Bawaslu karena pada prinsipnya sangat penting bagi kita untuk berkoordinasi agar tidak terjadi kesalahan ketika menyerahkan dukungan. Sekecil apapun kesalahan saya hindari agar jangan sampai terjadi," tandasnya.

"Kami juga optimis dapat memenuhi syarat dukungan itu karena masih dapat bekerja sampai tangga 23 Februari. Selain itu, saya juga mencari dukungan di lapangan secara real menggunakan ratusan relawan," pungkasnya.

Penulis: Eka

Editor: Hendy

Fri, 24 Jan 2020 @00:03


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Copyright © 2021 PROGRESIF JAYA · All Rights Reserved
powered by sitekno