Pemerhati Nilai Pemkot Jakut Gagal dalam Tata Kelola Lingkungan

image

progresifjaya.com, JAKARTA - Hujan yang mengguyur Jakarta dan sekitarnya pada Kamis (23/1/2020) pagi, menyebabkan beberapa wilayah di Jakarta Utara tergenang. Ketinggian air pun bervariasi dari 10 Cm hingga selutut orang dewasa.

Salah satunya yakni genangan terjadi di Jalan Yos Sudarso, Kelurahan Sunter Jaya yang mengarah ke Kelapa Gading, Plumpang-Semper serta arah Terminal Tanjung Priok dan sekitarnya.

Selain di jalan akses utama, genangan juga terjadi di beberapa jalan permukiman warga di Kelurahan Semper Semper Barat, Kecamatan Cilincing. “Sampai saat ini genangan masih terjadi di Jalan Sungai Brantas. Genangan mencapai 50 Cm,” ungkap Edy Prayitno, salah satu warga Kelurahan Kebon Bawang yang hendak mengantar anaknya sekolah, Kamis (23/1/2020).

Edy  mengatakan, genangan juga terjadi di beberapa jalan yang diantaranya, Jalan Kramat Jaya, Koja, Komplek Dewa Kembar, Gaya Motor dan Komplek Airud, Kelurahan Semper Timur.

“Namun sekarang sedang dilakukan penyedotan menggunakan pompa portabel oleh petugas,” kata Edi Rubian

Hal senada juga diungkapkan, Nia, yang akan berangkat ke kantor di kawasan Kelapa Gading.

Menurutnya, meski intensitas hujan sedang, wilayah Kelapa Gading seringkali tergenang, salah satunya di depan Tower Nusa Kirana.

“Pada awal tahun ini sudah dua kali tergenang. Tetapi yang paling parah awal bulan Januari. Jadi telat deh masuk kantor harus menepi terlebih dahulu,” ungkapnya.

Akibat genangan di beberapa wilayah di Jakarta Utara menyebabkan aktifitas warga menjadi terganggu. Bahkan kendaraan beberapa warga tak bisa melintas.

Menurut pemerhati lingkungan Eko Widi dari Maspedling Jakarta Utara, bahwa drainase yang buruk dan sanitasi lingkungan yang menyebabkan banyaknya genangan di wilayah Jakarta Utara.

Eko menilai lima tahun terakhir ini Pemerintah Administrasi Jakarta Utara telah gagal dalam tata kelola lingkungan.

“Salah satu faktornya yaitu banyaknya bangun yang dibangun tanpa mengindahkan konsep yang telah ada,” ujarnya.

Penulis: Muslihat

Editor: Hendy

Thu, 23 Jan 2020 @23:36


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Copyright © 2020 PROGRESIF JAYA · All Rights Reserved
powered by sitekno